JURNAL MODUL 2.3

 Calon guru penggerak akan merefleksi aktifitas pembelajaran yang telah dilalui menggunakan model 6 yaitu model  5R dengan deskrispi langkah-langkah sebagai berikut :


1. Mendeskripsikan (Reporting)


Proses coaching berawal dari analisa dan eksplorasi teknik yang akan digunakan. Selanjutnya memberikan waktu dan situasi dengan leluasa kepada coachee untuk mengunkapkan masalahnya. Sangat penting juga untuk bisa membantu coachee untk menentukan dan mengneal tujuan coaching. 


Pertanyaan-pertanyaan efektif diajukan kepada coachee untuk menggali permasalahan yang terjadi dan coach mendengarkan apa yang menjadi keyakinan dan perhatiaan coachee sebagai upaya untuk menciptakan komunikasi asertif dengan coachee. Coach menyimak komunikasi coachee  serta memahamkan coachee pentingnya menyelesaikan masalahnya sendiri. 


Terus coach melaksanakan curah pendapat dan menuntun coachee membuat tindakan serta alternative jalan yang mungkin dipraktekkan coachee dan memberikan dorongan kepada coachee untuk memilih ide dan keputusan.  Dorongan coach menciptakan rencana penyelesaian dengan waktu yang measurable, jelas dan spesipik disuaikan dengan kebutuhan. 


Coach memberikan dorongan kepada coachee untuk mempertanggungjawabkan terhadap aksi nyata yang akan diambil dan dijalankan dan capaian rencana secara spesipik disesuaikan dengan jadwal yang telah dibuat.  


Coach meyakinkan coachee setiap masalah pasti terselesaikan dengan menciptakan keakraban dan kenyamanan sehingga coachee dapat berbagi kisah yang sedang dihadapi. Pendengar aktif haruslah dibangun oleh coach dengan merasakan apa yang dirasa coachee dan memposisikan situasi saling menghargai dan menghormati. 


Kemampuan coachee dalam menyelesaikan dan mengambil keputusan  haruslah dikembangkan oleh coach.  Cobalah selalu melakukan feed back dan refleksi dari setiap proses coaching yang telah dilakukan.


Sekolah merupakan tempat strategis sebagai kondisi, situasi dan konteks local tempat mempraktikkan proses coaching. Coaching yang menggunakan model TIRTA dalam proses aplikasi untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi sekolah, guru dan peserta didik. Hanya saja dalam proses praktek coaching biasa tantangan yang sering dihadapi baik coach maupun coachee adalah kemampuan komunikasi. Kemampuan dimana salah satu pihak suka mendominasi yang lainnya. 


Dalam proses coaching tidak sepatutnyalah terjadi salaing dominasi karena kesetaraan dan kemitraan. Komunikasi yang terbangun atas dasar saling menghormati dan rasa percaya. Coach seyogyanya memiliki kemampuan komunikasi yang tepat, cermat dan focus. Mampu memposisikan dirinya sebagai pendengar aktif dan mampu mengungkapkan pertanyaan-pertanyaan efektif untuk mengarahkan terhadap pemahaman, rencana aksi dan tanggung jawab dalam diri coachee.


Dalam praktek coaching di lingkungan sekolah haruslah mampu melibatkan seluruh warga sekolah (murid, guru, tenaga kepegawaian dan kepala sekolah). 


Mereka adalah parter yang dapat membantu kita dalam memperaktikkan proses coaching model TIRTA.  Setiap orang memiliki permasalah, cita-cita dan harapan yang berbeda-beda. Akan tetapi harus kepentingan muridlah yang menjadi focus utama. Harapan, tujuan dan problem yang dihadapi murid nantiya kan menjadi bahan untuk memperbaiki layanan yang akan diberikan dan memperbaiki kualitas murid selanjutnya. 


Guru, kepala sekolah dan seluruh civitas akademika pemangku kebijakan bermufakat membuat sebuah kebijakan untuk mengambil aksi nyata untuk memberikan layanan prima kepad murid dari data hasil proses coaching.  


Ruang Kolaborasi (sesi latihan) Pembentukan komunitas praktisi untuk melakukan praktik coaching. Di aktifitas ruang kolaborasi sesi latihan saya melatih keterampilan coaching dengan berbagai studi kasus dan membentuk komunitas praktisi untuk melakukan praktek coaching model TIRTA. Sebelumnya saya diharuskan  sudah benar-benar memahami konsep coaching dalam konteks pendidikan baik melalui pembelajaran mandiri dan diskusi. 


Di sesi ini saya berkolaborasi dengan rekan calon guru penggerak lainnya untuk membentuk komunitas praktisi secara daring. Pada sesi ini, secara berkelompok, berlatih mempraktekkan proses coaching dengan tiga kasus yang akan diberikan dengan model TIRTA.


Ruang Kolaborasi (sesi praktek) Pembentukan Komunitas Praktisi untuk melakukan praktik coaching. Hasil persiapan di sesi sebelumnya kami mepraktikkan dan melatih keterampilan coaching dengan berbagai studi kasus dan membentuk komunitas praktisi untuk melakukan praktek coaching model TIRTA. Kami mempraktekkan kasus-kasus yang telah disediakan secara tatap maya bersama fasilitator. 


Kami bersama kelompok telah berlatih mempraktekkan kasus-kasus tersebut sesuai dengan langkah-langkah dalam praktik coaching model TIRTA. Pada sesi ini, praktik yang dilakukan dalam kelompok, kami rekam dan untuk selanjutnya dikirimkan ke fasilitator.


Refleksi Terbimbing Memahami lebih dalam teknik coaching yang efektif dalam optimalisasi pengembangan kompetensi pendidik dan murid.


2. Merespon (Responding)


Coach aktif memberikan tanggapan dan umpan balik; (3) Coach memberikan pertanyaan terbuka dan reflektif yang mengarah pada pengambilan keputusan secara mandiri oleh coachee. Coach membuat coachee mengeksplorasi jawaban sehingga menjadi jawaban yang lebih spesifik; (4) Coach bertanya untuk mengarahkan coachee mengambil komitmen. Coachee secara mandiri mampu membuat komitmen berbasis TIRTA. Tetap semangat untuk bergerak, menggerakan , memotivasi dan menginspirasi.


3. Mengaitkan (Relating)


Praktik coaching ini memberikan pengetahuan, keterampilan, keyakinan dan informasi yang sangat bermanfaat untuk saya sebagai guru dalam memberikan layanan kepada anak didik atau dalam rangka memberikan tuntunan dan arahan supaya anak didik bisa hidup sesuai dengan potensi, kelebihan dan memaksimalkannya untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. 


Selainnya itu, kita pun sebagai coach rekan sejawat dan bergerak serta menggerakkan sehingga dapat sinergis untuk menciptakan iklim pendidikan yang dapat berpihak kepada anak didik.


4. Menganalisis (Reasoning)


Proses coaching harus terus dilakukan untuk menciptakan keterbiasaan dan meningkatkan keterampilan kita dalam memberikan layanan sebagai coach. Setiap orang khususnya anak didik memiliki keunikkan dan potensinya masing-masing yang harus kita gali dan berdayakan sehingga dapat hidup secara maksimal sesuai dengan kodrat alam dan zamannya masing-masing. 


Modul coaching ini menyadarkan saya khususnya untuk mampu memerankan diri sebagai pemimpin pembelajaran yang bukan lagi saatnya menyodorkan solusi dan berbagi pengalaman untuk menyelesaikan masalah setiap individu, akan tetapi mengarahkan dan menuntuk mereka untuk mampu menyelesaikan masalah dengan potensi yang mereka miliki.


5. Merancang ulang (Reconstructing)


Proses coaching akan terus berulang sesuai dengan perubahan peserta didik yang kita hadapi. Kasus-kasus demi kasus akan terus akan bermunculan sesuai dengan kondisi alam dan zaman yang terus berputar. Setiap potensi anak pun akan terus bermunculan dan berbeda-beda tidak bisa disamakan. Guru hanya berperan sebagai fasilitator yang mengoptimalkan mereka untuk mampu menyelesaikan masalah mereka dengan potensi masing-masing. Makin sering kita melakukan proses coaching maka makin terasah juga kemampuan kita untuk melakukan proses coaching.

Comments