REFLEKSI MODUL 1.3

 MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK


PENULIS: R. SITI NURHASANAH, S.PD

                    CGP ANGKATAN 6


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Jumpa lagi bersama saya, R. Siti Nurhasanah. Saya akan berbagi sedikit tentang pengalaman saya dalam perjalanan mengikuti pendidikan guru penggerak. Tema kali ini adalah tentang Visi Guru Penggerak. Tujuan pembelajaran modul 1.3 adalah: 

- CGP memahami pentingnya visi yang berpihak pada murid sebagai landasan segala inisiatif perubahan dalam pendidikan.

-CGP memahami mengapa dan bagaimana manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif dilakukan.

Baiklah..saya akan mulai refleksi ini dengan menggunakan model 4P.

1. Peristiwa

Pada pertengahan bulah September 2022, saya mulai mengikuti kegiatan dalam LMS Pendidikan Guru Penggerak. Ruang Kolaborasi menjadi ajang seru untuk berbagi pendapat dan pengalaman dengan sesama CGP. 
Setiap CGP wajib membuat sebuah Visi untuk sekolah masing-masing. Saya yang berdinas di SMPN 1 Pagaden membuat prakarsa perubahan tentang Visi guru penggerak menyelaraskan dengan visi yang ada di sekolah saya.


        Setelah menyelesaikan beberapa tahapan modul, saya mengikuti kegiatan lanjutan berupa pendampingan individu bersama Pendamping saya bu Arie Insani. Pendampingan dilaksanakan disekolah dengan melibatkan kepala sekolah, rekan guru dan tenaga kependidikan. Kami mengadakan rapat kecil untuk membahas visi sekolah dan prakarsa perubahan yang telah saya buat. 





2. Perasaan

Perasaan saya selama mempelajari modul 1.3 tentang visi Guru Penggerak ini saya senang dan semakin termotivasi  dalam menjalankan pendidikan guru penggerak. Selain itu saya juga bersemangat dalam menerapkan dan menjalankan visi dan menjalankan rencana perubahan yang sudah saya rumuskan dan  ini akan membuat aura positif dalam menjalankan prakarsa perubahan dan visi saya akan terwujud. 

3. Pembelajaran

Setelah mempelajari modul 1. 3 ini saya paham bahwa sebagai pemimpin perubahan  kita harus berpikir strategi dan memahami imkuiri apresiatif sebagai paradigma. Tahapan BAGJA merupakan model manajemen perubahan yang merupakan akronim dari Buat pertanyaan utama,Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi sebagai terjemahan bebas yang diadopsi dari model 5D sebagai bagian dari inkuiri apresiati (Define, Discover, Dream, Design, Deliver). 
Untuk melakukan perubahan yang positif tidak harus bermula dengan mengidentifikasi permasalahan yang ada ,namun kita fokuskan pada kekuatan apa yang telah kita miliki sehingga sehingga pemikiran kita diarahkan arah yang positif. Selain itu saya juga dapat merumuskan visi sebagai Guru penggerak, merumuskan prakarsa perubahan dan membuat tahapan BAGJA.

4. Penerapan

Setelah mempelajari modul 1.3 ini yaitu tentang visi guru penggerak maka saya akan berusaha menerapkan dan mewujudkan visi saya yaitu Mewujudkan Peserta Didik yang Mandiri, Kretif dan Unggul dalam Teknologi dan Ilmu Pengetahuan. 
Dan saya akan menerapkan prakarsa perubahan yang saya rumuskan tersebut dengan cara merancang pembelajaran yang berpusat pada murid, menyenangkan dan berbasis pada pemanfaatan Internet dan Teknologi.
Untuk mewujudkan murid yang kreatif melalui pembelajaran yang menyenangkan saya harus melakukan kolaborasi dengan rekan sejawat dan pihak sekolah untuk mewujudkan visi dan prakarsa perubahan saya sebagai guru penggerak.

Semoga apa yang saya cita-citakan dapat terwujud. Aamiin. Sekian refleksi dari saya. Terima kasih. Wassalam



Comments