JURNAL REFLEKSI MODUL 2.1


Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi

JURNAL REFLEKSI MODEL SIX HATS
OLEH: R. SITINURHASANAH,S.PD


1. White Hat

FACTS

Pada modul 2.1 ini kita belajar tentang pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa. Hal yang dipelajari salah satunya adalah pembelajaran berdiferensiasi. Rangkaian kegiatan yang telah diikuti adalah :

  • Mulai dari Diri  

          Dalam hal ini CGP membuat blogpost yang berisi refleksi individu bagaimana seorang guru dapat memenuhi kebutuhan belajar murid.

  • Eksplorasi Konsep

Dalam hal ini kita belajar tentang pembelajaran berdiferensiasi dengan menyimak video dan juga menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di LMS

  • Forum Diskusi Eksplorasi Konsep 

CGP mengisi tugas-tugas di LMS, dengan mengunggah diagram frayer yang berisi tentang pembelajaran berdiferensiasi, termasuk pengertian, ciri, contoh dan bukan contoh pembelajaran berdiferensiasi.  

  • Ruang Kolaborasi Sesi 1  

Pendalaman materi tentang pemenuhan kebutuhan belajar siwa. Kami berdiskusi dengan fasilitator  dan rekan CGP lainnya.

Ruang Kolaborasi Sesi 2

Diskusi kelompok tentang pemecahan kasus kebutuhan belajar murid SMP karena tergabung dengan kelompok guru SMP.  

  • Elaborasi Konsep

Pemahaman bersama dengan instruktur Bapak Suhada  pada tanggal 9 November 2022. Yang dihadiri oleh fasilitator dan calon guru penggerak dari berbagai daerah di Jawa Barat seperti Indramayu, Cirebon, Purwakarta dan Bogor.


2. Red Hat

FEELINGS

Sebelum mempelajari modul 2.1 ini saya beranggapan bahwa pembelajaran berdiferensiasi itu akan sulit diterapkan di kelas. Karena ada banyak penerapannya dari diferensiasi konten, diferensiasi proses hingga diferensiasi produk. Tetapi setelah mempelajari lebih mendalam tentang bagaimana cara penerapannya di dalam kelas serta trik-trik yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran murid dengan pembelajaran berdiferensiasi ternyata menyenangkan.


Yellow Hat

BENEFITS

Setelah mempelajari modul 2.1 saya mendapatkan banyak pelajaran :

  • Memahami keberagaman murid
  • Mampu membuat keputusan-keputusan yang masuk akal yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid
  • Mengetahui aspek kebutuhan murid yakni kesiapan belajar, minat murid dan profil belajar murid.
  • Mengetahui kebutuhan belajar murid
  • Mengetahui macam-macam penilaian dalam pembelajaran berdiferensiasi
  • Mengetahui aktivitas pembelajaran yang baik

Black Hat

CAUTIONS

Ada beberapa hambatan yang saya alami saat mengikuti pembelajaran Modul 2.1

  • Membutuhkan waktu, tenaga dan pikiran yang lebih untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi.
  • Murid belum terbiasa dengan pembelajaran berdiferensiasi.
  • Belum semua guru paham dan mengerti tentang pembelajaran berdiferensiasi

CREATIVITY

Ide atau gagasan yang muncul setelah mempelajari modul 2.1 antara lain;


  • Melakukan sosialisasi kepada rekan sejawat tentang pembelajaran berdiferensiasi.
  • Membuat rencana pemetaan kebutuhan belajar seperti gaya belajar dan minat belajar siswa.
  • Membuat rencana pemetaan kemampuan siswa melalui tes diagnostik dengan berbagai teknik.
  • Mempersiapkan sarana pembelajaran, media pembelajaran, dan juga sumber-sumber belajar yang bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran berdiferensiasi.
  • Melakukan kolaborasi dengan rekan sejawat untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi serta membuat forum diskusi terkait permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi.

KESIMPULAN


Setelah mempelajari Modul 2.1 diharapkan guru bisa :

  • Membuat rencana pelaksanaan pembelajaran berdiferensi baik konten, proses, maupun produknya.
  • Membutuhkan tes diagnostik, dan penilaian yang sesuai dengan kebutuhan murid.



Comments