Membuat Modul Ajar SMP

 Dasar pembuatan modul ajar adalah ATP. ATP dikembangkan dari CP.



Memodifikasi ModulAjar Bahasa Indonesia


Hal yang perlu dipelajari saat memilah modul ajar:
- Apakah selaras dengan rencana yang sudah dibuat saat penyusunan ATP?
- Apakah cocok dengan kondisi murid?
-Apakah sarana dan Prasarananya tersedia di sekolah?
- Adakah yang perlu atau bisa di modifikasi?



Jenis modifikasi

1. Modifikasi durasi belajar.
- menggunakan sticky notes untuk menyampaikan hasil diskusi sehingga pemaparan hasil diskusi dapat lebih singkat.
- Mengalihkan beberapa kegiatan menjadi kegiatan mandiri murid
- Penyesuaian jumlah anggota kelompok.
- Mengalihkan beberapa pemaparan guru ke dalam bentuk media teks sehingga dapat di baca langsung oleh murid.

2. Modifikasi terkait sarana dan prasarana belajar
- Media internet diganti menjadi media teks kertas. Guru menyediakan salinan artikel berita dari internet yang bisa dibaca oleh murid di kelas.
- Pemaparan yang membutuhkan multimedia dialihkan menjadi pemaparan guru yang dibantu denganbuku teks, salinan rangkuman, kertas gambar dan papan tulis.
- Penyesuaian bentuk dan isi lembar aktifitas agar bisa digunakan di kelaas luring.
- Kegiatan riset mandiri di modifikasi agar tidak membutuhkan fasilitas internet.
- Melibatkan keluarga sebagaisarana belajar murid dan memilih media belajar mendiri yang mudah diakses olleh murid seperti TV, radio atau majalah.

3. Modifikasi terkait Konten Isi
- Modifikasi dari sudut pandang guru; 1. Apakah guru dapat memahami informasiyang terdapat dalam modul ajar? 2. Apakah arahan yang diberikan modul ajar cukup jelas? 3. Apakah asesment yang direkomendasikan sudah cukup menggambarkan ketercapaian belajar seluruh murid?
Rancangan kegiatan asesmen per pertemuan dibuat lebih rinci agar dipahami oleh rekan-rekannya.
- Modifikasi dari sudutpandang murid; 1. Apakah murid mendapatkan pemahaman bermakna yang relevan dengan diri dan lingkungannya? 2. Apakah kedalaman konten isi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi murid? 3. Apakah media belajar sudah cukup bervariasi? 4. Apakahkegiatan berfokus padamurid?




Setelah digunakan, guru dan rekannya melakukan evaluasi bersama dari segi pelaksanaan sampai refleksi murid dan guru.
Hasil evaluasi dapat dijadikan perbaikan untuk modul ini, juga  modul-modul selanjutnya yang akan dibuat atau dimodifikasi

Comments