CAPAIAN PEMBELAJARAN

Capaian Pembelajaran atau Cpmerupakan kompetensi dan karakter yang ingin di capai setelah menyelesaikan pembelajaran dalam kurun waktu tertentu. Capaian pembelajaran setara dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013. 

Capaian pembelajaran disusun dengan memperhatikan tahapan-tahapan perkembangan murid sesuai usianya. Capaian pembelajaran dirancang berdasarkan fase, bukan per tahun. Satu fase memiliki rentang satu sampai tiga tahun.  Murid  dan guru punya waktu yang leluasa untuk mengembangkan kompetensi dan memperdalam pemahaman.

Capaian pembelajaran di bagi menjadi 6 Fase.

Fase Fondasi PAUD

Fase A untuk kelas 1-2 SD

Fase B untuk kelas 3-4 SD

Fase C untukkelas 5-6 SD

Fase D untuk kelas 7-  SMP

Fase E untuk kelas 10-11

Fase F untuk kelas 12

Capaian pembelajaran berfokus pada dua hal utama

Kompetensi Inti dan Konten Esensial yang bertujuan mendorong pembelajaran yang mendalam pada murid.

Kompetensi dalam capaian pembelajaranmemakai pendekatan konstruktivisme, bukan Taksonomi bloom .

Tujuan capaian pembelajaran;

1. Memberikan rentang waktu yang lebih leluasa kepada murid

2. Memberikan waktu yang lebih fleksibel kepada guru

Guru dapat memfasilitasi pembelajaran yang mendalam dan bermaksa pada muridnya. Dengan demikian guru dan murid terdorong untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Comments