MENGENAL APLIKASI MEEETING ONLINE YANG AMAN

 MENGGUNAKAN APLIKASI WEBEX BERSAMA PGRI


Senin, 11 Mei 2020, saya mendapat email dari panitia WEBINAR PGRI bahwa hari ini akan dilaksanakan video konference menggunakan aplikasi cisco webex. Tema seminar kali ini adalah tentang cara menggunakan aplikasi webex di HP dan Laptop. Sepeti kita ketahui aplikasi yang sedang booming digunakan di ditengah wabah covid adalah ZOOM. Namun ternyata aplikasi zoom tidak aman, ada indikasi pencurian identitas yang dapat membahayakan pengguna.  Untuk itu, PGRI menghimbau para guru untuk menggunaka aplikasi lain seperti CISCO WEBEX.

Sebelum kita mengupas bagaimana cara menggunakan CISCO WEBEX, saya juga ingin temen-temen tahu aplikasi lainnya yang sebenarnya dapat juga digunakan untuk pembelajaran online. Diantaranya ada  beberapa Aplikasi Meeting Online Alternatif seperti : Ilustrasi WhatsApp ,Google Hangout Meet, Google Classroom,  skype, Facetime (Apple), Slack , dan cisco webex .

Skype
Aplikasi Skype merupakan aplikasi yang banyak ditemukan dan kadang hadir sepaket dengan sistem operasi Windows. Skype mudah digunakan dan mendukung antar perangkat karena bisa diakses di laptop, komputer (desktop), dan smartphone.

Namun, layanan Skype hanya bisa digunakan dengan cara mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu alias bukan berbasis web via peramban internet (browser). Di dalamnya tersedia beberapa fitur mulai dari chat, audio chat, video, chat dan file sharing.

Saya pribadi pernah menggunakan skype untuk internasional meeting dengan teman di luar negeri.

Google Classroom
Classroom dirancang untuk membantu guru atau pengajar membuat dan mengumpulkan tugas tanpa menggunakan kertas, termasuk fitur untuk menghemat waktu guru seperti kemampuan membuat salinan Google Docs secara otomatis bagi setiap siswa.

Classroom juga dapat membuat folder Drive terintegrasi untuk setiap tugas dan setiap siswa, agar semuanya tetap teratur. Layanan ini memiliki cukup banyak fitur termasuk terhubung ke layanan Google yang lain.

Misalnya, fitur tanya jawab, integrasi dengan kalender, pengaturan waktu dalam pengerjaan tugas, integrasi ke Google Form untuk membuat kuis atau ujian, dan integrasi YouTube untuk pembelajaran audio visual.

Google Meet
Google Meet atau Google Hangouts Meet adalah aplikasi video conference atau online meeting versi bisnis yang dirancang khusus untuk organisasi atau perusahaan dalam berbagai ukuran.

Beberapa fitur yang bisa digunakan di dalam Google Meet adalah dukungan maksimal peserta video conference hingga 100 orang, dapat digunakan di semua platform, berbagai dokumen atau presentasi, dan akses mudah hanya lewat tautan yang dibagikan.

Webex
Webex adalah layanan video conference milik Cisco, perusahaan jaringan dan infrastruktur internet ternama. Layanan ini biasanya menargetkan pengguna kalangan enterprise atau perusahaan besar tapi juga cocok untuk kegiatan belajar mengajar jarak jauh. Webex punya antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan di laptop, komputer, dan smartphone. Layanan ini juga bisa diakses dengan cara mengunduh aplikasi atau lewat browser internet apabila tidak ingin repot memasang atau instal.

Di dalam Webex tersedia fitur chat, audio chat, video chat tapi tergantung jenis browser yang digunakan, file sharing seperti menampilkan slide Powerpoint, serta whiteboard yang interaktif.

Nah sekarang mari kita bahas tentang cara menjadi HOST di WEBEX

Cara Daftar Menjadi Host Meeting di Webex

Melakukan pendaftaran akun Webex ini terbilang cukup ribet dan nggak sesimpel Zoom. Namun jauh lebih aman. 
  
Langkah 1 
Daftar Menjadi Host di Webex. Kunjungi situs Webex berikut (https://cart.webex.com/sign-up).
Pada kolom yang tersedia, masukkan alamat email yang mau didaftarkan dan klik Sign Up.
Langkah 2 
Masukkan Data Pendukung. Masukkan region asal dan juga nama lengkap, jika sudah klik Continue.
Langkah 3 
Cek Email dari Cisco Webex Meeting. Webex akan mengirim email konfirmasi ke alamat yang sudah kamu daftarkan tadi. Cek email dari Webex dan klik pada tombol Create Password.
Langkah 4 
Atur Password Akun Webex. Atur password akun Webex yang hendak kamu buat. Pastikan email yang tertera sesuai dengan yang kamu daftarkan. Jika sudah klik Continue.
Daftar Host di Aplikasi Webex Berhasil
Jika  sudah mencapai halaman start meeting, berarti cara menjadi host di Webex sudah berhasil. Catat URL yang nantinya akan berfungsi sebagai alamat meeting room nanti.


 Login Akun Webex di HP

Menjadi host meeting Webex bisa dilakukan di HP, pertama  login terlebih dulu dengan ketuk tombol Sign In pada halaman muka. Masukkan alamat email terdaftar dan ketuk Next. Pilih Situs Webex dan Masukkan Password. Pilih situs Webex yang sudah dibuat otomatis sebelumnya dan masukkan password dari akun kamu yang terdaftar. 

Untuk membuat meeting room baru,  ketuk Start Meeting. Kemudian atur terlebih dulu video dan audio baru kemudian bergabung dengan ketuk Start. Bagikan URL dan Meeting Number Webex. 
Untuk mengundang teman, ketuk tombol tiga titik pada bagian bawah dan pilih menu Inf0. Selanjutnya bisa bagikan URL atau Meeting Number.

Cara Menggunakan Webex di Laptop

Untuk urusan meeting yang membutuhkan screen sharing, kita bisa juga menggunakan Webex di laptop atau komputer yang pastinya sudah harus mendukung webcam dan microphone.
  
Langkah 1 
Download Aplikasi Webex di Laptop

Langkah 2 
Jendela baru akan terbuka seperti di bawah ini. Pada kolom Join a Meeting, masukkan link yang dibagikan oleh host dan klik Join untuk mulai bergabung.

Login ke Aplikasi Webex Laptop
Untuk bertindak sebagai host, masukkan alamat email yang sudah didaftarkan tadi kemudian klik Next. Mulai Membuat Meeting Room Baru Akan muncul sebuah jendela baru.  Untuk membuat meeting baru,  klik Start a Meeting pada bagian atas. Pastikan Sambungan Video dan Audio
Sebelum bergabung,  Undang Teman ke Meeting Room
Untuk mengundang teman, bagikan baik itu URL atau Meeting Number yang bisa didapatkan dengan klik ikon "i" pada bagian kiri jendela aplikasi Webex di laptop. 

Membagikan URL bisa pake whatsapp ya teman. Semoga bermamfaat.




 

Comments

Post a Comment