MENULIS BUKU, MEMBANGUN PERSONAL BRANDING


MENEMBUS PENERBIT NASIONAL 

BERSAMA AMIR FAISAL





Oleh: R. Siti Nurhasanah, S.Pd

Amir Faisal adalah seorang trainer dan Business Inspirator.   Beliau merupakan praktisi bisnis dan konsultan marketing di beberapa perusahaan Gogreen Industry dan berpengalaman menerbitkan buku  di Gramedia , Change publisher dan penerbit lainnya.  Kariernya dibidang consulting, adalah awal menjadi penulis terkenal. Narasumber yang bertekad untuk selalu berbagi ilmu  itu mulai berfikir tentang bagaimana cara  membangun Personal Branding.

Tema kuliah hari ini adalah “Menembus  Penerbit Nasional”.  Amir Faisal dulunya adalah seorang kontraktor dan bekerja dibidang marketing. Sama sekali bukan berasal dari dunia pendidikan. Tekadnya untuk selalu berbagi itulah yang menjadikannya seperti sekarang.

Narasumber  memulai kuliah dengan membagikan video berdurasi sekitar 15 menit (https://www.youtube.com/watch?v=-VRlzTu_O4M) berjudul ‘Menulis Buku Semudah Chating’. Dalam videonya narasumber membeberkan pengalaman menulis dan meneerbitkan buku. Video tersebut merupakan part 1 dan akan berlanjut sampai part 5.

Tekadnya untuk membangun personal branding sangat  kuat. Menurutnya, seseorang harus punya personal branding agar bisa terkenal. Bagaimana membangun personal branding? Yaitu dengan menulis buku. Buku pertama berjudul “Menyiapkan Anak Menjadi Juara” . Buku tersebut ditulisnya ketika menjadi trainer anak-anak dan sebagai tutor siswa yang akan menghadapi ujian. Tak di sangka buku tersebut diterima oleh penerbit Gramedia dan laku keras. Dalam dua bulan menjadi best seller. Sejak itulah Pak Amir menjadi pembicara nasional dan terkenal sebagai motivator di Indonesia.

Ketika kita akan memulai menulis, narasumber mengatakan bahwa kita harus mengenal genre atau passion kita. Misal genre kita adalah menulis cerita anak, novel atau yang lain, maka langkah pertama adalah hendaknya kita mencari dan membaca karya –karya orang lain yang bergenre sama dengan kita. Karya-karya yang sudah terkenal itu kita jadikan referensi gaya menulis kita. Jadi kita tahu tulisan yang bagaimana yang disukai pasar. Buku yang paling laris adalah Novel kemudian buku-buku tentang traaveller lalu komik, dan buku motivasi. 





Comments

Post a Comment